Kamis, 18 Februari 2016

OPERATOR MASUKAN DAN KELUARAN DALAM PASCAL

Materi mengenai operator masukan dan keluaran jarang saya jumpai pada buku-buku pemrograman pascal. Kalaupun ada, tidak banyak. Atau mungkin saya yang tidak menemukan referensi buku yang tepat. Keberadaan materi ini jarang di bahas secara mendalam, mengingat materi ini bisa dilakukan sembari menerapkan materi lain. Namun pada kesempatan kali ini saya akan menguraikan materi ini secara terpisah.


OPERATOR MASUKAN PADA PASCAL

READ (dibaca rid) atau READLN (ridlain). Pada pembahasan sebelumnya ( Variabel Pada Pascal ) kita jumpai operator READLN yang terletak pada baris terakhir diatas kode END penutup. READLN ini pada beberapa referensi yang saya baca, ada yang menuliskan sebagai operator ada juga berpendapat sebagai fungsi.

Mari kita sepakati dulu, menggunakan istilah fungsi atau operator. Saya sering menggunakan istilah fungsi. Sehingga kamu juga harus sepakat menggunakan istilah fungsi.

Nah, operator READ atau READLN memiliki beberapa fungsi. Pada kesempatan ini saya sampaikan dua fungsi kegunaan saja. Yakni Read/Readln sebagai pelengkap dan sebagai pembaca input (masukan).  Saya perjelas lebih dalam disini :
  1. READLN sebagai pelengkap maksudnya, bisa berfungsi sebagai pemberi spes (baris baru) atau sebagai penyangga ketika program pascal di eksekusi (RUN). Keberadaan sebagai panyangga umumnya diletakkan persis di atas END penutup. Berbeda hasilnya jika kode READLN tidak disertakan di atas END penutup. Yaitu, program tidak akan sempurna menampilkan hasil. Biasanya, ketiadaan kode READLN sebelum END penutup, program yang dieksekusi akan kembali ke program turbo pascal dalam tempo sekian detik setelah tampil. Sehingga hasil program tidak bisa terlihat dengan baik karena turbo pascal akan kembali menampilkan kode program sumber.

  2. Penggunaan READLN sebagai panyangga, dapat digantikan dengan READKEY dan ditutup dengan END penutup.

  3. READLN sebagai pembaca input, ini berfungsi sebagai pembacaan nilai variabel yang diinputkan oleh user. Dimana kompiler pascal akan mencocokkan nilai yang diinput oleh user dengan jenis tipe data dari variabel yang digunakan dalam program tersebut.
Penggunaan kode READ dan READLN membantu user (dalam hal ini programmer) untuk memberikan kota masukkan kelayar monitor. Dimana kotak masukan ini harus dimasukkan data yang sesuai pada jenis data variabelnya. Misalkan kotak masukkan itu berjenis data huruf, maka data yang dimasukan harus berjenis huruf--untuk data angka yang dimasukkan ke kotak berjenis huruf akan diterima tetapi keberadaan nilai angkat yang dimasukan akan berubah menjadi berjenis huruf, sementara jika kotak masukan berjenis bilangan, maka nilai masukan harus berjenis angka. Data huruf/kata, yang dimasukkan ke kotak masukan berjenis bilangan akan berdampak pada PESAN ERROR. Artinya, tidak boleh mamasukkan data huruf ke kotak masukan berjenis angkat.

Penggunaan fungsi READ atau READLN selalu berpasangan dengan fungsi WRITE atau WRITELN. Karakter LN pada kode READ dan WRITE mengarahkan kursor akan aktif dibaris baru.


NARASI PROGRAM DENGAN FUNGSI WRITE DAN READ

Seperti yang saya katakan diawal, bahwa fungsi READ selalu berpasangan dengan WRITE. Dimana WRITE berfungsi untuk mencetak kotak masukkan, sementara READ berfungsi untuk membaca data yang diinputkan oleh user. Jika data yang di masukan sesuai dengan jenis dari variabel yang digunakan, maka program akan menampilkan kotak masukan lainnya sampai kotak masukan tidak tersedia atau habis.


METODE INPUT PASCAL

Seperti pada program sebelumnya, tentang Variabel Pada Pascal kita sudah menerapkan program dengan metode pemanggilan variabel. Nah, pada kesempatan kali ini, nilai variabel dapat kita input secara manual menggunakan keyboard. Metode ini menggunakan fungsi READ atau READLN. Supaya lebih paham, mari kita terapkan dalam program. Kali ini kita membuat program untuk menampilkan biodata sederhana. Variabel-variabel yang saya gunakan disini adalah variabel yang sama pada contoh program sebelumnya, yaitu nama_panggilan dan nm_lengkap. Silahkan buka program pascal menggunakan DOSBox :
  1. Ketik program dengan turbo pascal. Perhatikan gambar berikut !


  2. Kompail program dengan ALT + C, lalu enter, perhatikan gambar berikut !


  3. Eksekusi program (RUN) dengan ALT + R, lalu enter. Perhatikan hasil program berikut :  

KETERANGAN:
Pada hasil program tersebut monitor memberikan kotak pengisian data NAMA PANGGILAN yang masih kosong, secara interface program meminta user memasukkan nilai dari NAMA PANGGILAN tersebut. Maka masukkan misalnya BUDI, lalu jika di enter maka layar akan menampilkan kotak pengisian data selanjutnya yaitu NAMA LENGKAP. Input data sesuai kotak pengisiannya.

LATIHAN :
Buatlah program untuk menginput biodata sederhana seperti berikut :
NAMA LENGKAP : ???????
JENIS KELAMIN : ????
TEMPAT/TANGGAL LAHIR :
ALAMAT : ????
KOTA : ???
ASAL SEKOLAH : ???
HOBI : ??

Selamat belajar ! Semoga sukses !

Rabu, 17 Februari 2016

VARIABEL PADA PASCAL

Mari kita selangkah lebih maju dari materi sebelumnya. Kali ini kita membahas mengenai variabel. Tetapi sebelum melangkah lebih jauh membahas mengenai variabel ini, mari kita perhatikan gambar FORM LOGIN FESBUK berikut ini :


Setiap orang yang akan membuka akun fesbuk, orang tersebut harus melewati form tersebut, dan login dengan sukses untuk bisa masuk ke beranda fesbuk.

Mari kita saya jelaskan ilustrasinya. Umpama kamu login di komputer B, sebelum kamu masuk ke beranda fesbuk kamu, pasti kamu akan memasukan email dan password kamu untuk bisa masuk. Jika akun kamu sudah terdaftar, maka layar menitor akan menampilkan layar beranda kamu. Tetapi jika email dan password yang kamu masukkan salah, atau tidak terdaftar, maka fesbuk akan memberikan pesan kesalahan dalam bentuk misalnya, "Maaf, email dan password yang anda masukkan tidak valid".

Nah, sekarang coba sembari membaca kamu resapi penjelasan berikut. Tadi seumpama email dan password dimasukkan dengan benar, maka beranda fesbuk kamu akan tampil. Lalu jika kemudian kamu keluar dari akun febsuk kamu, apa yang terjadi pada FORM LOGIN FESBUK tersebut ?

Tidak perlu dijawab, biar saya jelaskan, silahkan pahami saja (lagi pula kalau kamu jawab, pun, 'tak 'kan bisa saya mendengar jawaban kamu itu :-D ).

Yang akan terjadi pada FORM LOGIN FESBUK tersebut adalah kosong seperti semula. Artinya komputer tersebut dapat di masuki oleh akun kamu kembali atau akun orang lain. Kesimpulannya, jika pada hari itu ada 10 orang yang login menggunakan Komputer B tersebut, maka narasinya adalah begini :
  1. Orang Pertama : Kamu login, kemudian masuk ke beranda fesbuk, jika kamu keluar (logout) maka FORM LOGIN FESBUK akan kosong kembali.
  2. Orang Kedua : Login menggunakan komputer yang sama, berhasil login dan tampil halaman berada, jika keluar dari akun, maka yang terjadi adalah, FORM LOGIN FESBUK akan kosong kembali.
  3. Orang Ketiga : Juga login dengan komputer yang sama, halaman FORM LOGIN FESBUK yang sama, TETAPI menggunakan AKUN (Email / Telepon) yang BERBEDA. Begitu seterusnya sampai orang kesepuluh, kesebelas, keseratus, keseribu dan tidak terhingga.
Dapat kamu lihat tidak, bahwa kotak email/telepon dan password berubah-ubah sesuai dengan penggunanya ? Saya yakin kamu sepakat dengan saya bahwa kotak login itu berubah-ubah.

Nah, perubahan-perubahan yang terjadi pada kotak login itulah gambaran dari sebuah variabel.


VARIABEL PADA PASCAL

Dari ilustrasi diatas, maka dapat diambil suatu kesimpulan, bahwa variabel merupakan tempat penyimpanan data yang sifatnya berubah-ubah, tidak tetap, atau bersifat sementara. Nilai variabel akan berubah suatu waktu bergantung kepada penggunaanya, serta memiliki jenis data yang sama.  Misalnya jika variabel untuk data huruf, maka variabel hanya bisa menerima data yang bertipe huruf. Variabel bertipe huruf tidak mampu menerima data bertipe bilangan atau angka.

Dalam pemrograman pascal variabel diletakkan di bawah USES CRT. Kalau belum ingat, silahkan baca kembali struktur dasar bahasa pascal pada postingan sebelumnya.


ATURAN PENULISAN VARIABEL

Variabel pada pemrograman pascal ditulis dengan aturan-aturan berikut :
  1. Penulisan variabel tidak boleh menggunakan spasi, simbol, atau tanda baca selain garis bawah. Jika terdiri dar 2 seku kata, pisahkan dengan tanda garis bawah (underline).
  2. Contoh :
    nama_barang
    kode_barang
  3. Meskipun pascal bersifat bebas dalam penulisannya, tetapi sebaiknya variabel ditulis dengan huruf kecil atau huruf kapital (besar) saja.
  4. Contoh :
    NAMA_BARANG atau nama_barang (keduanya boleh).
  5. Variabel tidak boleh diawali dengan angkat.
  6. Contoh :
    3_segi (salah)
    3sehi (salah)
    segi_3 (benar)
    segi3 (benar)
  7. Variabel tidak boleh ganda, artinya tidak boleh ada nama variabel yang sama dalam satu program
  8. Variabel sebaiknya ditulis dengan pendek, meskipun panjang karakter dapat ditulis sepanjang 32 hingga 64 karakter.

MENERAPKAN VARIABEL DALAM BAHASA PASCAL

Setelah membahas mengenai variabel dan aturan penulisannya, mari kita praktekan penggunaan variabel supaya lebih paham. Kali ini kita membuat program mencetak nama. Silahkan buka program pascalnya dan perhatikan bentuk dan penulisan programnya

Oh, iya kelupaan, sebelum mengetik programnya, ada baiknya perhatikan rumus pembuata (pengenalan / deklarasi) variabel pascal pada gambar berikut :

Perhatikan rumus pada kotak di gambar tersebut. Kotak tersebut merupakan cara pembuatan nama variabel dalam bahasa pascal. Artinya dalam mendeklarasikan variabel program pascal, tidak boleh keluar dari rumus tersebut. Untuk selanjutnya, mari kita terapkan variabel ini ke dalam program. Perhatikan dan praktikan, dan pahami !
  1. Buka program turbo pascal menggunakan DOSBox, lalu ketik program seperti berikut :


  2. KETERANGAN :
    Pada program tersebut, menggunakan 2 variabel, yaitu nama_panggilan dan nm_lengkap. Yang keduanya sama-sama menggunakan String. Mengenai String, akan di jelaskan pada materi selanjutnya.

  3. Setelah selesai mengetik kode, silahkan compile program dengan menekan ALT + C, lalu ENTER, hasilnya sebagai berikut :


  4. Jika kode program sukses dikompilasi, selanjutnya RUN (eksekusi) program untuk melihat hasilnya dengan menekan ALT + R, lalu ENTER, hasilnya sebagai berikut :

KETERANGAN :
Perhatikan pada kedua baris WRITELN. Didalam kurung terdapat variabel nama_panggilan dan nm_lengkap. Metode itu disebut dengan metode memanggil variabel. Karena pada baris sebelumnya variabel nama_panggilan sudah diberikan nilai 'BUDI' dan variabel nm_lengkap bernilai 'BUDI KASTRO', maka di dalam writeln tidak perlu dituliskan nilai dari kedua variabel tersebut. Cukup memanggil nama variabelnya.

LATIHAN :
Buatlah program untuk menampilkan biodata seperti berikut:
NAMA LENGKAP : ???????
JENIS KELAMIN : ????
TEMPAT/TANGGAL LAHIR : 
ALAMAT : ????
KOTA :
ASAL SEKOLAH :
HOBI :

Selamat belajar, semoga sukses. :-)

Selasa, 16 Februari 2016

PROGRAM PERTAMA (PASCAL)

STURKTUR BAHASA PASCAL

Sebelum kita memulai pengkodean dengan bahasa pascal, terlebih dahulu kita harus memahami struktur dasar bahasa pascal itu sendiri. Struktur bahasa pascal ini menjadikan pedoman bagi pemula untuk memahami kaidah bahasa pascal. Dengan kata lain, struktur bahasa pascal ini merupakan aturan dasar yang tidka boleh dilanggar.

Artinya perancang program dengan pascal (programmer) tidak boleh melenceng dari struktur ini. Adapun struktur bahasa pascal yang dimaksud dapat dilihat pada bentuk program berikut :

Keterangan :
Secara umum program pascal terbagi dalam tiga bagian, yaitu :
  1. Bagian Kepala / Judul Program
  2. Bagian ini menjelaskan mengenai tema program, misalnya rancangan program untuk pencetak data, programmer dapat membuat judul program dengan nama PROGRAM CetakData. Namun pembuatan kepala program sifatnya bebas bergantung kepada programmernya, serta sifat judul program ini tidak wajib disertakan. Bagian ini dimulai dari PROGRAM .. dan USES CRT. USES CRT merupakan fungsi untuk mengendalikan fungsi keluaran ke alat keluaran standar, dalam hal ini adalah monitor, lcd, proyektor atau sejenisnya. Penyertaan USES CRT bersifat wajib. Jika kode ini ditiadakan, program akan menunjukkan pesan error pada saat dikompilasi.

  3. Bagian Deklarasi
  4. Bagian ini juga bersifat wajib untuk program yang tergolong kompleks. Karena bagian ini digunakan untuk mengenalkan variabel dan tipe data yang digunakan dalam program. Dimana variabel berfungsi untuk menyimpan data (yang sifatnya berubah-ubah). Biasanya, selain digunakan untuk mengenalkan variabel, bagian ini juga dapat digunakan untuk menginisialisasi atau pemberian nilai variabel.

  5. Bagian Tubuh Program
  6. Bagian ini merupakan bagian inti dari program pascal. Pada bagian inilah programmer meletakkan kode program, baik bersifat eksekusi maupun sebagai komentar. Apa yang diletakan oleh programmer di bagian ini, akan diproses dan ditampilkan di alat keluaran (monitor) setelah proses kompilasi berjalan sukses.

OK. Karena kita sudah membahas mengenai struktur dasar bahasa pascalnya, sekrang mari kita mulai praktikum kita yang pertama. Kalau pada topik sebelumnya kita sudah membahas mengenai dasar pemrograman, dan pemrograman pascal serta aplikasi pendukung (software bantunya), kita sudah boleh melakukan praktikumnya. Tetapi harus diingat, pahami kembali cara penggunaan alat bantunya, yaitu DOSBox sebagai emulatornya, serta Turbo Pascal sebagai alat bantu penulisan kode program pascalnya.


PROGRAM PERTAMA PASCAL

Pada kali ini, kita coba membuat program pencetak kalimat. Sebelum kita ketik kode programnya buka dahulu aplikasi DOSBox dan turbo pascalnya seperti pada panduan sebelumnya, kalau masih bingung, klik kembali tautan yang saya lampirkan diatas ini (DOSBox dan Turbo Pascal).


Nah, misalnya kita ingin mencetak sebuah kalimat "Selamat Belajar Pemrograman Pascal." Untuk membuat program menampilkan kalimat tersebut dengan pascal sangat mudah. Berikut ini kode programnya. Ehm, iya, jangan lupa juga struktur bahasa pascalnya. Penulisan kode program tidak boleh keluar dari aturan bahasanya. Langsung saja, mari kita ketik kode program berikut di turbo pascal :

  1. Ketik kode program seperti gambar berikut ini
  2. Kompail program dengan cara tekan (di keyboard) ALT + C lalu ENTER, jika pengetikan kode program berjalan sukses, monitor akan menampilkan gambar berikut :

  3.  
  4. Jika kompail berjalan sukses, langkah selanjutnya eksekusi program untuk melihat hasilnya dengan cara tekan (di keyboar) ALT + R, lalu ENTER. Jiika program berjalan berhasil, monitor akan menampilkan hasil seperti gambar berikut :

KETERANGAN :
  1. Bahasa pemrograman pascal bersifat bebas, maksudnya, kode program dapat ditulis dengan huruf besar maupun kecil. Berbeda dengan pemrograman lainnya, yang membedakan antara huruf besar dan kecil (case sensitif).

  2. Penggunaan write harus disertai dengan tanda kurung pembuka "(" kemudian kata atau kalimat yang berada di dalamnya di awali dan diakhiri dengan tanda kutif tunggal. Contoh 'Selamat' dan ditutup kembali dengan tanda kurung penutup ")" dan diakhir oleh tanda titik koma ";"

  3. Write dan Writeln merupakan fungsi (operator) pascal yang berfungsi untuk mencetak data keluaran ke layar monitor.

  4. Meskipun memiliki persamaan, write dan writeln berbeda dari tipe keluarannya. Yakni, write akan menghentikan kursor persis diakhir teks keluaran. Sedangkan writeln kursor akan berhenti satu baris dibawah akhir teks keluara. penggunaan writeln sudah tampak pada hasil eksekusi diatas, sementara penggunaan write (saja) dapat dilihat pada gambar berikut :


LATIHAN :

Buatlah program untuk menampilkan keluaran dengan tampilan tiga baris sebagai berikut :
"Saya suka dengan dunia pemrograman, terutama pemrograman pascal. Meskipun pascal cukup rumit, tetapi keunikan bahasanya membuat saya tertantang. Saya harus bisa menjadi programmer handal, yang siap bersaing dengan programmer yang lain"

Selamat belajar.

Senin, 15 Februari 2016

ANTARMUKA (INTERFACE) TURBO PASCAL

Kemarin saya terbitkan panduan bagaimana cara menggunakan DOSBox untuk menerapkan praktek pemrograman pascal. Pada kesempatan kali ini, saya membahas mengenai interface Turbo Pascal serta menubar pada turbo pascal. Panduan ini sengaja saya tulis untuk memandu pelajar di tingkat sekolah, khususnya ditingkat es em ka dan es em a, sehingga jika materinya terlalu ringan, ini sengaja saya susun demikian supaya mudah dipahami pelajar di tingkat itu.

Pada pembahasan mengenai interface dan menu pada Turbo Pascal ini kemungkinan juga tidak akan dibahas terlalu detil, hanya pada menu-menu yang penting-penting saja. Baiklah, silahkan kamu menyimak materi ini, semoga selanjutnya kamu dapat memahami dengan mudah.

INTERFACE TURBO PASCAL (DOSBox)

Turbo Pascal dengan DOSBox secara interface berjalan di lingkungan DOS, dengan tampilan barbasis teks. Latar belakang berwarna biru dengan teks, umumnya berwarna kuning, putih, hijau, merah dan lain sebagainya. Yang tentunya interface dijalankan hanya dengan berbasiskan kode perintah menggunakan penekatan tombol keyboard. Keberadaan Mouse menjadi tidak berfungsi sekalipun komputer memiliki mouse yang terpasang pada portnya.

Sifat interfacenya yang berbasis karakter (teks) inilah yang menjadikan Turbo Pascal menjadi lebih ringan untuk dijalankan. Secara default ukuran layar turbo pascal pada windows beresolusi grafis tinggi (seperti windows vista, 7, 8, dan 10) cukup kecil. Kurang lebih seukuran 10 x 7 cm (lebar 10 cm dan tinggi 7 cm). Namun pada ukuran sekecil itu masih dapat di perluas dengan menekan kombinasi tombol ALT + ENTER di lembar kerja Turbo Pascal.  

Penekanan kombinasi tombol ALT + ENTER membuat ukuran layar aplikasi turbo pascal sempurna menutupi layar, sehingga tampilan dekstop windows tidak akan bisa dibuka kembali. Untuk mengembalikan ukuran layar menjadi seperti semula (ukuran default), cukup menekan kombinasi tombol yang sama (ALT + ENTER) di lembar kerja turbo pascal.


MENUBAR TURBO PASCAL

Pada turbo pascal terdapat beberapa menu yang biasa kita jumpa pada aplikasi desktop berbasis grafis lainnya seperti microsoft word, photoshop, coreldraw, mozilla dan lain sebagainya. Akan tetapi penggunaanya tidak menggunakan mouse, melainkan menekan kombinasi shortcut ALT + Huruf yang berwarna merah. Seperti misalnya ingin mengakses menu file, mata kombinasi tombol keyboardnya adalah ALT + F, lalu tinggal memilih submenu mana yang akan digunakan dengan cara menggeser tombol navigasi empat arah (atas, kanan, bawah kiri) atau juga dengan menekan huruf apa yang berwarna merah pada submenu di dalamnya.

Baiklah, langsung saja saya akan bahas beberapa menu yang tersedia pada turbo pascal. Adapun menu-menu yang terdapat pada turbo pascal adalah :
  1. Menu File
  2. Menu ini digunakan untuk membuat dokumen program baru, membuka program yang sudah disimpan pada projek sebelumnya, menyimpan naskah program, serta berpindah ke direktori, dan keluar dari program.
  3. Menu Edit
  4. Sesuai namanya menu ini digunakan untuk mengedit naskah program seperti mengcopy, memotong, menempelkan (paste), dan membersihkan lembar kerja.
  5. Menu Search
  6. Menu ini digunakan untuk mencari kode program dan mengganti kode program serta berpindah ke baris program tertentu.
  7. Menu Run
  8. Menu ini digunakan untuk menjalankan program setelah kode program di compile dengan sukses tanpa ada pesan error. Menjalankan program (RUN) dapat dijuga dengan menggunakan kombinasi tombol keyboar CTRL + F9.
  9. Menu Compile
  10. Menu ini digunakan untuk mengkompilasi, kompilasi bertujuan untuk memeriksa naskah program dari kesalahan-kesalahan pengetikan kode serta memerikan kode program sudah sesuai secara sintaksis dan semantiknya. Dengan kata lain, kompilasi bertujuan untuk mengurangi resiko kesalahan eksekusi program. Untuk mengkompilasi kode program, dapat juga menggunakan kombinasi tombol keyboard ALT + F9.
  11. Menu Debug
  12. Menu ini umumnya digunakan untuk melacak / mencari kode program yang menjadi sumber kesalahan. Saya jarang menggunakan menu ini, menginat turbo pascal sangat cerdas, ketika terjadi kesalahan, turbo pascal langsung mengarahkan kursor ke posisi baris terdekat dari kode sumber yang salah.
  13. Menu Tools
  14. Menu ini digunakan untuk menampilkan fasilitas messages. Dimana submenu messages ini berfungsi untuk membantu programmer dalam mengkoreksi kesalah kode program. Menu messages akan memberikan informasi mengenai kesalah kode yang terjadi.
Selain ketujuh menu diatas masih ada lagi menu yang lain seperti menu Options, Window dan Help, untuk mencari bantuan terhadap cara penggunaan program.

Minggu, 14 Februari 2016

Menggunakan (Aplikasi) Emulator DOSBOX Untuk Pemrograman Pascal


PENJELASAN DOSBOX SECARA SINGKAT 
 
Dosbox merupakan aplikasi emulator yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi-aplikasi (termasuk game) yang berbasis dos untuk dapat berjalan di dalam komputer berbasis windows. Dosbox hingga saat ini sudah sampai pada versi 0.74 yang dapat diunduh secara gratis di tautan ini.

Keberadaan DosBox merupakan keharusan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang dimaksud agar tampilan aplikasi di dalam komputer berbasis windows dapat berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhan. Tidak terkecuali aplikasi turbo pascal.

Turbo Pascal merupakan aplikasi editor pemrograman berbahasa pascal yang secara platform menggunakan basis dos. Untuk menjalankan turbo pascal itu Dosbox harus di install, dan secara default dosbox akan tersimpan (terinstal) di dalam direktori dan folder C:\Program FIles\DOSBox-0.74\. 


TURBO PASCAl dan DOSBOX

Dalam implementasinya, turbo pascal dan dosbox berjalan berdampingan. Dimana turbo pascal mendompleng pada aplikasi dosbox untuk dapat berjalan dengan baik. Dengan demikian sebelum turbo pascal dioperasikan, dosbox harus aktif lebih dulu. Kemudian turbo pascal dieksekusi dengan dosbox tersebut sebagai emulatornya. Adapaun cara penggunaan kedua aplikasi tersebut untuk praktek pemrograman pascal adalah sebagai berikut :
1.      Install DOSBox seperti menginstal aplikasi lainnya
2.      Copy file aplikasi turbo pascal di C, atau D, atau direktori lain sesuai kebutuhan. Seumpama turbo pascal berada dalam folder TP, maka secara pemberkasan di komputer akan terlihat berada di C:\TP


MEMBUKA TURBO PASCAL DENGAN DOSBOX

Untuk membuka turbo pascal dengan DOSBox cukup mudah. Adapun cara membukanya adalah sebagai berikut :

1.      Buka program DOSBox. Tampilan awal DOSBox akan seperti pada gambar berikut :


2.      Pada tambilan awal DOSBox seperti pada gambar diatas, ketik perintah berikut untuk mengaitkan antara DOSBox dengan direktori penyimpanan turbo pascal. Seumpama aplikasi turbo pascal (TP) tersimpan di direktori C:\TP maka perintahnya adalah sebagai berikut  :
Z:\>mount c c:\    [ENTER]
Z:\>c:   [ENTER]
C:\>cd \tp\bin   [ENTER]
keterangan diatas dapat dijelaskan pada gambar berikut :


3.      Langkah selanjutnya ketik  C:\TP\BIN>TPX.EXE   [ENTER]. Maka akan muncul tampilan awal program aplikasi turbo pascal, dan praktik pemrograman pascal sudah dapat dimulai. Berikut tampilan turbo pascal yang dimaksud.

 
Demikian panduan penggunaan DOSBox untuk praktik bahasa pascal dengan turbo pascal. Semoga bermanfaat, dan di kemudian hari saya akan uraikan pandun yang lain. Semoga sabar menunggu. :-)